Biar Goblog Asal Go Blog

Cathetane inyong

Mengurangi Hujan Email dari Facebook


Bagi Anda yang membuka account Facebook dengan settingan default, pasti Anda akan menjumpai begitu banyak email masuk dalam inbox Anda. Taruhlah jika Anda memiliki teman sebanyak 100 orang, maka sangat mungkin akan ada 50 email per hari, masuk dalam inbox Anda. Dan saya yakin, Anda tidak cukup bego untuk membukanya satu per satu. (Tapi kalau mau coba, silakan aja).

Tidak bisa dipungkiri bahwa FB saat ini merupakan jaringan sosial paling populer. Dari aki-aki sampai budak ingusan, rame-rame mendaftar jadi anggota. Beragam alasan mengapa orang membuka account di FB. Cari teman, iseng, (promosi) bisnis (gratis), ada pula yang sekedar ikut-ikutan biar ndak dicap gaptek atau kuper.

Memang banyak keuntungan jika kita ikutan jadi facebooker (gak tahu istilah ini dari mana?). Namun, kerugiannya juga tidak cukup dihitung dengan jari. Salah satunya adalah hujan (atau pada taraf tertentu – banjir) email.

Anda perhatikan bahwa email yang Anda terima dari FB hanya berisi pemberitahuan (notifikasi) tentang Who doing what, siapa lagi ngapain !. Dan email seperti itu, menurut saya, masuk kategori sampah yang harus dibersihkan. Memblokir kiriman email dari FB juga bukan pilihan bijaksana, sebab, siapa tahu FB ingin memberitahu atau meng-konfirmasi Anda tentang sesuatu yang penting (untuk Anda). Jadi, bagaimana ?

Salah satu cara yang dapat kita tempuh adalah dengan menguranginya. Anda hanya perlu menentukan beberapa aturan dalam account anda, khususnya di bagian Notification.

• Dari menu bar, klik Settings – Account Settings
• Di halaman tersebut, pilih tab Notification.
• Pada tab tersebut, matikan fitur-fitur notifikasi yang tidak anda perlukan dengan memberi tanda (klik) pada tombol off di bagian kanan.
Bagi anda yang menggunakan FB dalam bahasa Indonesia, sesuaikan saja ya.

Catatan :
• Bagi anda peserta layanan Mau Tau Siapa Yang Mengunjungi Profile Mu ?, perubahan tersebut di atas mungkin akan menyebabkan layanan tersebut menjadi tidak aktif (not working). Jadi, silakan dipertimbangkan lagi.

Selamat mencoba.

CMIIW.

11/08/2009 - Posted by | Tips and Trick | ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: