Biar Goblog Asal Go Blog

Cathetane inyong

Memperbaiki ArcView Project (apr)


Hari ini aku tertawa sendirian. Betapa tidak, ternyata file project ArcView (.apr) bisa di utak atik dengan Notepad.

Aku melakukan ground check di pedalaman P. Halmahera selama seminggu. Sekembalinya dari tugas tersebut, aku mendapati tugas-tugas harian sudah menumpuk di meja. Jadi aku berpikir lebih baik kerjaan itu aku bawa pulang (lembur di rumah), yah, setidaknya di rumah kan ada yang bikinin kopi🙂.

Untuk itu, aku salin semua file datasource ke laptop tuaku melalui flashdisk. Sampai di rumah, sesaat sebelum kumulai pekerjaanku, aku jadi ingat satu hal : ArcView sangat sensitif dengan path (alamat) file. Jika kita menyalin file project ke suatu tempat, dia akan banyak mengajukan banyak pertanyaan saat dibuka : “Where is …..”, “Where is …..”, “Where is …..” Membosankan sekali.

Aku pernah mencoba mengatasi masalah tersebut dengan extension (avx) Open Project With Auto Repair, tapi ternyata tidak mengatasi masalah tsb. Jadi ?

Iseng, aku membuka file .apr tersebut dengan Notepad. Eh, kebuka. Lalu aku menggulung (scrolling) ribuan text yang ada di dalamnya, mencari text yang mengandung alamat (path) file. Dan ternyata, file path yang tercantum di situ masih mengacu pada struktur direktori komputer lama (yang di kantor). Jadi kupikir, ini masalahnya.

Dari menu Edit – Replace, aku mengganti seluruh file path tersebut dengan file path yang sesuai dengan struktur direktori laptop. Aku simpan, lalu exit.

Dengan agak ragu, aku menjalankan ArcView dan membuka file project yang sudah di-edit tadi. Dan….. Aku langsung tertawa sambil mengucap “alhamdulillaah”, ternyata file .apr tersebut langsung dibuka tanpa pertanyaan apapun !

Wah, selama ini aku tidak pernah berpikir bahwa file .apr bisa diutak atik dengan Notepad. Ternyata bisa. (Aku jadi ingat waktu membuka file berekstensi .dat milik salahsatu program game, juga dengan Notepad, untuk merubah angka dan nama topscore. Tentusaja dengan namaku sendiri, biar ndak ada yang bisa menyaingi score-ku, he.. he.. he..). Aku jadi sedikit faham, kenapa Microsoft selalu mempertahankan program Notepad-nya, dari jaman Windows 3.xx sampai jaman Vista sekarang. (entah di Windows 7, soale belum sempat nyicipi).

Ya, udah. Gitu aja. Aku cuma bermaksud berbagi pengalaman. Bagi anda yang sudah tahu, tentu tidak akan merasa heran. Tapi bagi anda yang baru tahu sekarang dan bermaksud untuk mencobanya, aku sarankan anda untuk mem-backup file anda. Karena jika gagal, resiko di tangan anda sendiri.

CMIIW

21/08/2009 - Posted by | Catatan, Tips and Trick | , ,

1 Comment »

  1. Sama kang, saya lebih menyukai edit PATH dari apr ArcView dengan menggunakan notepad. Bagi yang tidak mau sulit2 ada juga aplikasi (EXE) untuk mengedit PATH di apr. Tool ini langsung meLIST PATH awal dan PATH tujuan.
    http://www.filefactory.com/file/a0gb1hg/n/APR_Tool_rar

    Edit apr dengan notepad adalah salah satu step membuat apr portable, misalnya untuk menyalin apr (dan data) ke CD atau komputer lain sbb
    1. Matikan ekstensi dan data yg tidak perlu
    2. Kumpulkan APR dan data dalam satu folder baru yang kosong. Jangan manual, lakukan dengan ProjectFileOrganizer (http://www.filefactory.com/file/a0gb1e5/n/Project_File_Organizer_rar)
    3. Edit APR dengan notepad atau APRTool buat agar rujukan PATH relatif, bukan absolut.
    Misalnya r:\carto904_jbg adalah PATH absolut sedangkan .904_jbg (ada tanda titik) adalah PATH relatif data terhadap file APR.
    Alhasil jika diburn ke CD project akan tetap dapat mencari data meskipun dibuka di drive apa saja atau dicopy ke folder manapun.

    Semoga bermanfaat.

    >>>kalongsgs says :🙂 Tks infonya nih. And, betul, saya lupa menyebutkan bahwa baris dependensi juga tetap harus diedit karena baris tersebut merujuk pada semua extension yang dipergunakan saat project (apr) tsb dibuat. Info ini luput saya sebutkan karena dalam kasus saya di atas, kebetulan, saya menginstall ArcView persis seperti yang terinstall di kantor.

    Comment by Beni Raharjo | 10/10/2009 | Reply


Leave a Reply

