Biar Goblog Asal Go Blog

Cathetane inyong

Meng-Import Karakter Khusus di ArcView


Aku pernah menerima peta dari beberapa perusahaan (yang sepertinya dibuat oleh pihak lain). Tidak ada masalah dengan substansi informasi yang terkandung dalam peta-peta tersebut. Ganjalan yang aku rasakan hanyalah masalah tampilan dalam hal penggunaan karakter khusus – yang – sepanjang sepengetahuanku – tidak tersedia di text editor-nya ArcView (entah jika ada extension khusus untuk itu).

Karakter khusus tersebut misalnya, yang paling sering digunakan, adalah karakter ± (plus minus) yang dalam peta-peta dimaksud dicantumkan dengan karakter-karakter +/-. Seperti yang kubilang tadi, tidak salah dengan hal itu, masalahnya hanya tampilan menjadi kurang indah.

Lalu, bagaimana caranya ?

Gampang. Kita tinggal membuka Microsoft Word dan masukkan karakter khusus yang kita inginkan dari menu insert – symbol. Salin (copy) karakter tersebut, lalu di tempelkan (paste) di text editor-nya ArcView. Selesai.

Simbol-simbol lain seperti ° (simbol derajat), © (copyright), ™ (trademark) dan lain-lain, juga bisa di-import dengan cara ini. (Jadi, sebetulnya, istilah import kurang begitu tepat, karena proses sebenarnya adalah salin – tempel (copy – paste)).

Untuk lebih memudahkan pekerjaan, simbol-simbol yang sering kita gunakan sebaiknya dikumpulkan dalam satu file (.doc atau .txt) agar ketika diperlukan kita tinggal membuka file tersebut.

Terakhir, jika ada diantara Anda yang mengetahui cara yang lebih mudah (misalnya menggunakan extension tertentu – yang aku belum tahu), mohon jangan segan untuk berbagi ilmu.🙂

CMIIW

07/01/2010 - Posted by | Catatan, Tips and Trick | , , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: