Biar Goblog Asal Go Blog

Cathetane inyong

Titik (Point) tidak tampil di layar peta GPS


Sudah seminggu ini aku dibuat sebel oleh GPSmap 76CSx. Entah kenapa, titik-titik pemukiman/desa tidak tampil lagi di layar peta. Padahal setelah kuperiksa pake Mapedit, tidak ada keanehan pada datasource-nya. Sudah kucoba untuk mengutak-atik parameter dalam menu tampilan peta (di layar Map Setup), juga tidak memberikan hasil apa-apa.

Jalan keluar berikutnya yang kutempuh, cukup melelahkan. Aku mencoba meng-import ulang data pemukiman itu, hingga membuat ulang basemap dari awal. Semuanya memberikan hasil yang sama : titik-titik pemukiman tetap tidak muncul di layar peta. Setitik harapan muncul ketika kucoba memindahkan kartu memori ke unit GPS lain, ternyata di unit tsb., titik-titik pemukiman tersebut tampil terang benderang. Jadi, masalahnya bukan pada basemap-nya, melainkan unit GPS yang kupergunakan.

Jadi, kucoba mengoperasikan GPS tsb. tanpa kartu memori sehingga peta yang ditampilkan adalah basemap bawaan (default). Kupikir, dengan cara ini, unit GPS seperti di reset dan kembali ke settingan default. Tapi begitu kartu memori dipasang lagi, layar peta tetap bersih dari titik-titik pemukiman.

Tapi, dasar pemikiran inilah (resetting) yang terus nyantel di benakku. Dulu, kalo handphoneku bermasalah, biasanya aku melakukan restoring ke restore point yang pernah dibuat sebelumnya (setahuku, fitur ini cuma ada di hape Nokia). Jika gagal, baru reset ke settingan default. Jadi, inilah yang akan kulakukan terhadap unit GPS yang kupakai.

  1. Di layar peta, tekan tombol Menu untuk menampilkan jendela Menu.
  2. Dari jendela menu yang tampil, pilih opsi terakhir (paling bawah), yaitu Restore Default.
  3. Tekan tombol Enter.

Jreng…… titik-titik pemukiman langsung tampil dengan manis.

Sialan, udah muter-muter seminggu ternyata solusinya begitu sederhana !

Masalah sudah teratasi, tapi aku masih penasaran dan masih mencari penjelasan logis dan teknis : kenapa data titik dan labelnya tidak tampil di layar ? Sehubungan dengan itu, aku minta bantuan Anda untuk dapat memberikan penjelasan lebih lanjut tentang masalah ini.

Terimakasih atas bantuan Anda🙂.

17/01/2010 - Posted by | Catatan | , , , ,

1 Comment »

  1. boleh liat peta

    Comment by sandro | 17/12/2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: