Biar Goblog Asal Go Blog

Cathetane inyong

Error Code 619 Yang Menyebalkan


Anda sudah beli modem GSM, konfigurasi sudah dilakukan dengan benar (misalnya seperti ini), fitur GPRS dan 3G kartu SIM juga sudah diaktifkan. Lalu kenapa selalu gagal melakukan koneksi dan dapat hadiah Error code 619 ?

Bagi Anda pengguna modem (termasuk modem GSM D-Link DWM-652), tentu tidak akan asing dengan munculnya pesan kesalahan (error messages) code 619 saat mencoba melakukan koneksi internet. Menyangkut D-Link DWM-652, walau di buku manualnya tercantum plug n play (driver dan aplikasinya sudah tersedia dalam memori internal / ROM), tapi belum pernah sekalipun aku berhasil melakukan koneksi pada (bukan pandangan) colokan pertama. Yang kudapatkan adalah selalu dan selalu Error code 619 : gagal koneksi !

Menurut Windows Help and Support (tag Error messages), Error code 619 muncul jika modem kita gagal jadi mak comblang (menghubungkan) antara komputer kita (local) dengan komputer jauh (remote). Biang keroknya ada beberapa, tapi menurutku, intinya ada tiga yaitu : komputer jauh sedang sibuk, jalur koneksi diblokir firewall atau (ini yang paling mungkin) modem kita yang rusak. Lalu, ada yang ngeyel : Lho, kan modemnya baru beli ? Jawabannya, tidak semua barang baru itu bagus (berfungsi sebagaimana mestinya), walau diberi stiker QC Pass sekalipun.

Mencari solusi online membuahkan hasil yang kurang memuaskan. Tapi titik terang sedikit terkuak setelah aku masuk ke alamat ini (terimakasih pada Admin ybs.). Diantaranya, yang berkaitan dengan topik ini, tercantum seperti ini :

D-Link Indonesia mengatakan…

Terima kasih atas update anda.
Apakah anda sudah coba dengan SIM card dari operator lain? Bila masih sama, sepertinya modem anda bermasalah. Anda bisa menukarnya ke salah dari distributor D-Link di Indonesia yaitu Sistech atau Berca. Anda lihat dulu segel warranty di modem anda, apakah dari Sistech atau Berca, bila dari Sistech maka anda bisa klaim ke Sistech, cek di http://www.sistech.co.id/ untuk alamat-nya. Bila Berca, anda bisa klaim ke http://www.bercacomputel.com untuk alamatnya.
Mudah2an membantu

26 Desember 2008 10:18

Aku percaya dengan vonis (kelainan hardware) tsb. di atas. Pasalnya, ketika aku menghubungkan modem tsb. ke komputer, telingaku selalu geli mendengar sound messages yang klontang klonteng memberitahu ada device connect dan disconnect setiap interval waktu tertentu (sekitar 10-15 detik) seiring dengan timbul tenggelamnya icon hijau (icon removable storage) di taskbar. Penasaran, aku memeriksa ke Device Manager. Dan benar, disana terdeteksi sebagai USB Mass storage device dengan icon yang bersilang merah. Menurut keyakinanku, tidak ada firmware yang bisa menolong keadan ini.

Jadi, itulah jawaban dari pertanyaan, kenapa aplikasi Connection Manager tidak auto run saat modem DWM-652 terhubung ke komputer. Windows gagal me-load driver dan aplikasi tsb karena tersimpan dalam ROM (read only memory) yang sudah rusak. Dan hasil akhirnya ya itu tadi : Error code 619.

Lalu, apa yang mesti kita perbuat selanjutnya ?

Walau memory internal sudah divonis rusak (tidak dikenali oleh Windows), modem tsb masih bisa dipergunakan, asalkan driver dan Connection Manager sudah terpasang di komputer kita. Jadi, setelah Error code 619 muncul, minimize Connection Manager dan restart (awas, bukan reset) komputer, setelah itu jalankan Connection Manager tsb secara manual (bukan dari auto run) – biasanya di C:\Program Files\D-Link\. Cara ini bagiku cukup cespleng karena biasanya koneksi langsung sukses setelah restart.

Perhatian : Menurut user guide DWM-652, sangat tidak disarankan untuk melakukan restart komputer dalam kondisi modem masih terpasang di komputer. Jadi resiko ditanggung sendiri ya…

Jika Error code 619 masih bandel :

  1. Buka Menu – Setting, lalu pilih tab Radio dan beri tanda (checkmark) di baris 3G (including 3.5G) First lalu klik tombol Apply.
  2. Pilih tab Network dan beri tanda (checkmark) di baris Standard(auto) dan klik tombol Next. Di jendela hasil scanning, pilih nama jaringan dan klik tombol Save.
  3. Klik tombol Connect. (sepertinya, Connection Manager ini sudah pikun, sampe harus diingatkan kembali).

Nah, jika dengan cara ini Error code 619 masih juga muncul, mungkin Anda harus mempertimbangkan saran mas Admin tsb di atas untuk menukar modem Anda. (Sayangnya, dari 4 orang yang kukenal menggunakan modem ini (DWM-652) – jadi 5 orang termasuk aku, 2 orang diantaranya mendapatkan modem dengan kondisi seperti ini (memori abnormal). Jadi, Anda tidak sendirian bukan ?).

Terakhir, bagi Anda yang menggunakan Windows Vista (yang suka rewel dengan hak akses/priviledge), Connection Manager harus dijalankan oleh administrator. Jadi klik kanan di icon Connection Manager lalu pilih Run as Administrator. Atau, jika ingin pengaturan ini bersifat permanen, atur dari file properties. Buka Program Files\D-Link\D-Link DWM-652 3.5G Data Card\. Klik kanan file CManager.exe lalu pilih Properties, lalu pilih Compatibility Tab, lalu beri tanda /checkmark pada “Run this program as an administrator”.

Demikian pengalamanku dengan modem GSM D-Link DWM-652. Anda punya info tambahan ? Silakan tulis pada kolom komentar di bawah ini, dan, terimakasih sebelumnya🙂.

CMIIW

18/01/2010 - Posted by | Catatan, Tips and Trick | , , , , ,

6 Comments »

  1. Saya pakai PROLINK PHS100
    Kemarin2 normal. Tadi malam ketiduran,koneksi masih jalan. (pakai XL)
    Pagi2 sudah ga bisa, error 619
    Kalo dipakein axis, t-sel & tri bisa. Saya coba pake semua XL ga bisa (padahal 3 simcard ada pulsa & kuota semua)
    Kenapa ya begitu? Dan solusinya gimana? Krn sudah uninstall & reinstall masih ttp ga bisa
    Mohon bantuannya..

    Comment by C4-Link | 14/06/2013 | Reply

    • C4-Link : Berarti masalahnya ada pada penyedia jasa selular anda (XL). Coba anda hubungi Customer Service XL untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut. Sementara ini ya anda harus bersabar dengan menggunakan penyedia jasa selular yang lain. Maaf hanya itu yang bisa saya sampaikan.

      Comment by kalongsgs | 15/06/2013 | Reply

  2. pnya alamat web info modem prolink gx?

    Comment by handi | 13/09/2010 | Reply

    • Alamat web info modem prolink sudah termuat di postingan tentang PHS100. Jika tidak mau repot, link tersebut biasanya muncul di Top Click di kolom widget sidebar. Tks🙂

      Comment by kalongsgs | 14/09/2010 | Reply

  3. gw jg ngalamin hal yg sma dgn prolink PHS100,ap yg hrs gw perbuat??

    Comment by handi | 13/09/2010 | Reply

  4. […] barang dengan kondisi yang kurang lebih sama dengan D-Link DWM-652 seperti sudah diulas dalam artikel terdahulu. Cara menangani masalah tersebut juga kurang lebih […]

    Pingback by Internetan dengan Prolink PHS100 dan Telkomsel Flash « Biar Goblog Asal Go Blog | 06/02/2010 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: