Biar Goblog Asal Go Blog

Cathetane inyong

Internetan dengan Prolink PHS100 dan Telkomsel Flash


Setelah gagal membangun koneksi internet melalui Telkomsel Flash dengan D-Link DWM-652 yang dipasang pada notebook Acer Aspire One, akhirnya kuputuskan untuk mencoba mengganti modem tersebut dengan Prolink PHS100, dan postingan inilah hasilnya.

Walaupun dari sisi spesifikasi modem ini sedikit tertinggal dibandingkan D-Link DWM-652, namun secara keseluruhan modem ini lebih banyak menawarkan kemudahan : instalasi, pilihan pengaturan (setting option) yang lebih banyak dan user interface yang lebih ramah, serta telah menyediakan setingan (profile) untuk Telkomsel Flash yang siap pakai. Selain itu, modem ini termasuk mungil (seukuran USB flash disk) serta menyediakan Micro SD card slot yang konon bisa mendukung hingga 4Gb.

Seperti biasa, disamping banyak kelebihannya, ada juga kekurangannya. Diantaranya adalah proses inisialisasi jaringan yang agak lama, transfer rate yang agak lambat, dan yang paling menyebalkan : koneksi sering putus.

Terputusnya koneksi terjadi karena tiba-tiba, entah kenapa, sebagian perangkat kerasnya tidak dikenali lagi oleh Windows, yaitu USB Mass Storage Device dan USB Composite Device, yang dalam Device Manager dideteksi dengan icon tanda seru berwarna kuning.

Sepertinya, aku mendapatkan barang dengan kondisi yang kurang lebih sama dengan D-Link DWM-652 seperti sudah diulas dalam artikel terdahulu. Cara menangani masalah tersebut juga kurang lebih sama.

Yah, ndak apa-apa lah. Yang penting, aku ndak perlu rebutan modem dengan istriku. Masing-masing toh sudah punya perangkatnya. Kalo lagi di rumah sih ndak apa-apa, bisa sharing koneksi (ad hock) melalui ICS. Masalah timbul kalo masing-masing mau keluar rumah dan on line di sono (kantor, rumah temen, atau kafe). Jadi, menyediakan perangkat (modem) tambahan adalah solusi tak terhindarkan.

05/02/2010 - Posted by | Catatan | , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: