Biar Goblog Asal Go Blog

Cathetane inyong

Ada saboteur di kantorku


Pemadaman listrik adalah hal yang lumrah di kotaku. Jadi, kemarin sore, begitu listrik on kembali, dengan semangat 45 aku langsung menyalakan komputer inventaris kantor di ruanganku. Tidak ada yang aneh dalam prosesnya. Mulai dari beep speaker BIOS, POST (Power On Self Test) hingga layar login Windows, semua kelihatan normal.

Keanehan langsung terasa ketika aku hendak mengetikkan password login. Tidak ada satupun karakter yang muncul. Dicoba berkali-kali tetap menghasilkan hal yang sama. Penasaran, kutengok lampu indikator keyboard : mati. Lalu kugerakkan mouse, pointer diam tak bergerak. Ternyata lampu indikator mouse juga mati.

Kutarik CPU keluar dari tray-nya, mencoba mencari tahu barangkali kabel mouse dan keyboard tidak terpasang dengan benar. Dan tidak ada yang salah dengan itu. Hanyasaja, kemudian mataku tertuju pada ujung sebuah kabel yang nongol dari bagian belakang tray. Kutarik kabel tersebut, ternyata kabel keyboard : putus! Dan bergegas aku juga memeriksa kabel mouse, ternyata putus juga.

Aku tidak habis pikir, bagaimana bisa kedua kabel itu putus dengan meninggalkan bekas yang sangat rapi dan licin seperti potongan benda tajam (pisau atau cutter). Untuk meyakinkan diri, kubawa potongan kabel tsb ke teman-teman di ruangan sebelah. Tanpa cerita pendahuluan aku langsung menanyakan kepada mereka, kira-kira apa yang menyebabkan kabel itu putus. 85% dari mereka menjawab potongan cutter/pisau, 5% menjawab potongan gunting, 5% menjawab gigitan tikus (atau kecoa), dan 5% lainnya menjawab tertimpa sesuatu yang berat dan tajam (seperti pinggir kaki meja atau lemari).

Mencoba berfikir positif, aku sedikit menganalisa.

Dua jawaban terakhir (gigitan tikus dan tertimpa sesuatu yang berat/tajam) jelas tidak mungkin. Kabel yang putus karena sebab ini pasti meninggalkan bekas yang tidak rata. Apalagi jika tertimpa benda tajam, pasti kabelnya gepeng di dekat titik potongan.

Jawaban kedua (hasil potongan gunting) sedikit masuk akal. Walaupun hasil potongannya kelihatan rata, tapi tetap akan meninggalkan bagian kabel yang sedikit melesak (penggepengan) karena tekanan dua arah dari blade gunting. Sedangkan kabel yang terpotong bekasnya rata dan bulat tanpa tanda-tanda bekas tekanan. Jadi jawaban ini juga tidak bisa diterima.

Jadi, jawaban yag paling masuk akal dari berbagai sisi adalah jawaban mayoritas : hasil potongan benda tajam (pisau/cutter).

Baik jawaban kedua maupun jawaban pertama, sama-sama mengindikasikan bahwa penyebab putusnya kabel adalah manusia (yang patut diduga dilakukan secara sengaja). Yang lalu menimbulkan pertanyaan lanjutan : WHO and WHY ???

Aku mencoba menyelidiki siapa saja yang masuk ke dalam ruanganku antara pukul 00.30 s/d 08.00 dan antara pukul 12.00 s/d 14.30. Hasilnya nihil karena jawabannya cuma 1 orang yaitu Kabid Pemasaran yang masuk cuma mau numpang shalat. (Sebagai pejabat eselon III dan imam di suatu masjid serta sifat beliau yang ramah, tidak mungkin beliau pelakunya).

Akhirnya aku harus menyadari kebodohanku sendiri, bahwa tidak akan ada maling yang mengaku. Jadi dengan perasaan kesal, aku pergi ke toko untuk membeli keyboard dan mouse baru. Tapi pertanyaan tentang siapa dan mengapa terus memenuhi pikiranku.

Sudah kucoba untuk ramah kepada orang lain, membantu yang lagi susah, kubuatkan peta cetakan kertas dan peta GPS gratis bagi yang mau pergi tugas, kubagi-bagi rezeki yang menetes dari atasanku, kuperbaiki komputer mereka yang rusak (gratis juga), LALU KENAPA MASIH ADA SAJA ORANG YANG TIDAK SUKA KEPADAKU DAN MENYABOTASE PEKERJAANKU ???

Ternyata, dibalik wajah-wajah ramah, lugu dan memelas teman-teman kerjaku, ada yang berprofesi ganda sebagai saboteur.

04/03/2010 - Posted by | Catatan | , , , , , ,

2 Comments »

  1. Kok saya gemes ya bacanya?? Tp saya rasa saya bs mengira-ngira siapa pelakunya berdasarkan jawaban 1, 2, 3.

    Comment by ranii | 16/06/2012 | Reply

    • Waah…. Detektif juga ya Mbak? (Boleh menduga asal jgn menuduh :D)
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      Comment by kalongsgs | 16/06/2012 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: