Biar Goblog Asal Go Blog

Cathetane inyong

Salahsatu sisi negatif Facebook – Bag2


Selain sudah tergambar dari artikel ini dan atau ini, ternyata masih ada aspek negatif dari jejaring sosial ini yang berpengaruh secara tak langsung. Bahkan sampai pada taraf tertentu, tidak disadari oleh ybs., yaitu aspek habitual (kebiasaan).

Dalam dunia TI, kita sudah lama mengenal istilah social engineering yang disematkan pada kegiatan para hacker (atau cracker ya ?) dalam mengamati kebiasaan/perilaku calon korbannya. Dalam kegiatan ini, biasanya pelaku mengamati perilaku calon korbannya : kapan suka on line, di mana (warnet atau rumah/kantor), situs apa saja yang dikunjungi, transaksi apa saja yang dilakukan, dengan apa, dengan siapa dll.

Dan, ternyata jejaring sosial (termasuk Facebook) merupakan sarana yang cukup bagus bagi para hacker/cracker dan pencuri/perampok dalam kegiatan social engineering ini. Mencoba mengenali calon korbannya dari kebiasaan yang sering dilakukannya – hanya dari status update ybs.

Jika kita termasuk anggota suatu jejaring sosial, tentu kita tahu bahwa ada diantara rekan2 kita yang begitu maniak, begitu rajin meng-update statusnya. Apalagi sekarang dengan hadirnya telepon selular murah yang dijual dengan paket internet murah juga, makin rajin mereka meng-update status. Dan bagusnya (atau jeleknya ?), makin rajin seseorang meng-update status, makin mudah untuk mengenali perilaku ybs.

Misalnya :

Hari minggu, tgl 25, jam 6.30 : Sebel, Istri pulkam, Inem cuti, bangun tidur musti bikin kopi sendiri.

Hari minggu, tgl 25, jam 7.15 : Baca koran dulu aah….

Hari minggu, tgl 25, jam 9.00 : Cuci mobil, mandi lalu JJS. Asyiiik….

Hari minggu, tgl 25, jam 11.15 : Macet … macet … macet …..

Hari minggu, tgl 25, jam 13.45 : Hunting graphic card di Ambasador.

Hari minggu, tgl 25, jam 14.30 : Hm… pilih ATI atau nVidia ya …. ?

Dst …..

Dari sepotong (contoh) status update di atas dapat disimpulkan bahwa ybs sudah menikah, punya pembantu di rumah, hobi komputer, punya mobil dan suka jalan-jalan. Artinya, ybs memiliki status sosial menengah ke atas alias orang kaya.

Informasi ini, digabungkan dengan status update ybs selama 5-6 bulan, info profile dll., menghasilkan kumpulan informasi yang sangat gamblang/jelas : Berapa orang penghuni rumah, apa saja isi rumah, kapan ybs nganter istrinya ke salon, kapan ybs antri di bank, kapan dan ke mana biasanya melewatkan liburan, jalur mana yang biasanya dilewati, dll.

Jadi jangan heran, jika suatu hari, taruhlah hari sabtu pagi jam 9 ybs sudah mengeluh di status update : Jalur puncak macet ! Lalu 30 jam kemudian ybs pulang di rumah mendapati pintu atau jendela yang bekas dicongkel. Setelah diperiksa ternyata satu set home theatre, laptop, perhiasan istrinya, dan sebuah brankas …… lenyap.

Dan jangan salahkan si pencuri karena dia datang atas undangan kita sendiri !!!

Lho, kok ???

Ya itu tadi. Status update yang terlalu sering dan rinci adalah undangan bagi para pencuri dan perampok.

Namun demikian, bukannya aku melarang Anda untuk menulis sesuatu di status update. Aku hanya mengingatkan kita semua untuk selalu waspada dan berlaku bijaksana dalam segala hal, termasuk dalam jejaring sosial. Jangan sampai, social network, yang dibangun untuk tujuan positif, malah menghasilkan sesuatu yang kontra produktif : nasib cial dan not work.

17/03/2010 - Posted by | Catatan | , , , ,

1 Comment »

  1. […] kembali, setelah lebih dari 20 tahun berpisah, dengan teman SD-ku. Dan, maaf (aku jadi malu sendiri), itu berkat kebaikan hati facebook. Ya, hasil pencarian di facebook-lah yang membawanya ke […]

    Pingback by Senyum pertamaku dengan facebook « Biar Goblog Asal Go Blog | 15/02/2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: