Biar Goblog Asal Go Blog

Cathetane inyong

Shape file quality control


Beberapa bulan lalu saya menerima shape file dari sebuah instansi pemerintah. Karena alasan waktu, baru kali ini saya buka. Ternyata file tersebut terdiri dari lebih dari 10.000 polygon, 85% diantaranya memiliki luasan 0,000 s/d 0,010 ha (untuk cakupan provinsi, mau saya apakan polygon-polygon ini?) serta terdapat gap di lebih dari 5.000 lokasi !!!

Kiriman file dengan kondisi seperti itu bukannya mempermudah pekerjaan, tapi malah sebaliknya, menambah beban pekerjaan orang lain.

Shape file type polygon yang baik, menurut beberapa sumber, serta dipandang dari beberapa sisi, umumnya tidak boleh mengandung unsur – unsur :

1. Multipart.
2. Overlap.
3. Gap / Sliver.
4. Void (yang tidak diharapkan).
5. Selain itu, seperti dalam kasus yang saya hadapi, memiliki luasan yang rasional.

Anda tentu setuju dengan saya, bahwa dalam konteks wilayah kabupaten atau provinsi, luasan kurang dari 0,1 ha tidak akan berarti apa-apa. Polygon-polygon tersebut, jika tidak dihapus, harus di merge atau dissolve dengan polygon di sekitarnya (yang memiliki data spasial sama atau sejenis).

Beberapa extension dapat dipergunakan untuk menghindari munculnya kelima unsur tersebut di atas, dua diantaranya adalah X-Tools dan CLU Quality Control. Kedua extension tersebut dapat anda dapatkan di sini (untuk AV3.x). Bagi anda pengguna ArcGIS, silakan inquiry tool sejenis di situs tersebut.

Akhirnya, saya teringat dengan pesan Bapak saya : Jika ingin memberikan sesuatu kepada orang lain, berikanlah yang baik atau yang terbaik yang ada padamu

02/06/2010 - Posted by | Catatan | , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

