Biar Goblog Asal Go Blog

Cathetane inyong

WINUEB32 dan winwpl32 ternyata bersaudara


Beberapa hari terakhir ini, sesaat setelah login di Windows, saya sedikit terganggu dengan munculnya sebuah kotak peringatan yang menyampaikan bahwa file winwpl32.rom is missing. Saya tidak begitu kuatir dengan peringatan tersebut, karena, walau bagaimanapun, komputer masih beroperasi secara normal (setidaknya, itulah yang saya rasakan). Disamping itu, saya tahu persis bahwa munculnya kotak peringatan tersebut terjadi sejak saya melakukan update antivirus, dan file tersebut dilaporkan sebagai file yang terinfeksi yang dengan pede langsung saya delete.

Seperti biasa, gangguan seperti tsb. di atas bisa diatasi dengan melakukan sedikit perubahan di Windows startup (Start – Run – msconfig), dengan menghilangkan check mark pada entri terkait (dalam hal ini MSSMSGS). Entri ini mengandung perintah untuk secara otomatis mengeksekusi file rundll32.exe dan winwpl32.rom dengan cara membuat entri di registry (HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run). Namun demikian, saya masih penasaran, file apa sebenarnya winwpl32.rom itu ?

Hasil pencarian gugel, amazingly, hanya merujuk ke satu situs yaitu prevx. Di halaman ini saya mendapat info bahwa file winwpl32.rom ternyata hanya salah satu dari puluhan alias (nama lain) untuk winueb32.dll yang, masih menurut situs tersebut, termasuk bagian dari Malware Downloader dan atau Cloaked Malware.

Saya tidak begitu paham apa itu Malware Downloader atau Cloaked Malware. Yang saya tahu, kata malware disitu sudah cukup menggambarkan bahwa program seperti itu adalah program nakal seperti virus, worm, trojan dll. Yang dengan kata lain, sikat saja.

Seperti sudah disinggung di atas, winueb32.dll memiliki puluhan alias (nama lain). Jika anda tertarik untuk mengetahui rinciannya, silakan langsung ke TKP. Siapa tahu, file-file tsb. juga ada di komputer anda. Di halaman tersebut juga disediakan obatnya yang dapat anda download (915kb). Tapi maaf, saya sendiri belum mencoba obat tersebut. Jadi saya tidak tahu obat tsb. cespleng atau tidak.

Terakhir, jangan lupa update anti virus anda.🙂

18/06/2010 - Posted by | Catatan, Tips and Trick | , ,

No comments yet.

Leave a Reply

