Biar Goblog Asal Go Blog

Cathetane inyong

Basemap GPS Garmin Oregon 550


Kakak ipar saya datang dari Kep. Riau membawa GPS Garmin Oregon 550. Setelah ngobrol sejenak, dia menanyakan hal-hal seputar kustomasi basemap untuk Oregon-nya. Walau sedikit ragu (karena belum pernah membuatnya), saya bilang bahwa pasti ada cara untuk memasukkan (install) peta kita sendiri ke dalam GPS tersebut.

Beberapa bulan lalu memang saya sudah pernah mencoba menginstall basemap buatan sendiri ke dalam Oregon 550 milik adik ipar. Waktu itu, saya pikir caranya sama dengan menginstall basemap ke Garmin 76CSx, 60CSx atau e-Trex Vista (copy paste ke memori card). Tapi ternyata tidak demikian dengan Oregon 550. Basemap (file img) yang sudah di-paste ke memori card tidak di-load saat strartup. Artinya, secara default Oregon 550 me-load basemap yang terinstall di memori internal (device memory). Atau, bisa juga disebabkan karena format file yang tidak didukung oleh Oregon 550. Untuk mencari jawabanya, tentusaja ndak ada cara lain selain melakukan percobaan (try and error).

Langkah pertama tentusaja mempelajari struktur menu dalam Oregon 550. Disana terdapat menu untuk memilih peta (Pengaturan – Tampilan Peta – Map Information). Dalam menu pilihannya terdapat beberapa basemap yang sudah ter-install yang bisa kita enable dan disable. Dan kebetulan, di GPS adik ipar sudah terinstall basemap gratisan dari navigasi.net. Jelas hal itu merupakan kabar paling menggembirakan, karena basemap tersebut pasti berformat img. Artinya basemap buatan sendiri pasti bisa juga diinstall karena berformat sama.

Berikutnya adalah mencari tahu lokasi penyimpanan file-file img dalam device GPS. Setelah menghubungkan Oregon 550 ke laptop, Windows langsung mendeteksi sebagai 2 (dua) Removable Disk (device memory dan memory card). Lupakan drive tempat memory card. Langsung aja browsing ke device memory. Dalam root directory terdapat folder Garmin. Disitulah letak file-file img tersimpan.

Copy paste file basemap buatan sendiri ke folder Garmin dalam device memory ternyata menimbulkan sedikit ganjalan : perbedaan symbologi. File yang sama yang saya gunakan di 76CSx dan 60CSx ternyata tampil beda di layar Oregon 550. Beberapa landcover ditampilkan dengan warna sama (walaupun di-sorce-nya telah diberi kode hexa yang berbeda). Fitur garis juga demikian, texture, warna dan ukuranya tidak sama (lebih indah sih :D). Jadi, terpaksa saya harus membuat serangkaian percobaan untuk menghasilkan perpaduan warna yang diinginkan.

Setelah melalui beberapa percobaan dengan MapEdit, berikut adalah saran saya untuk symbologi (kode hexa) warna landcover (khusus fungsi kawasan hutan bagi anda yang bergerak dibidang kehutanan) : HSA (0x004c), HL (0x0017), HPT (0x004f), HP (0x000e), HPK (0x0004), APL (0x004d) dan Air/Danau (0x003d).

Tahapan pembuatan basemap itu sendiri sudah pernah disinggung dalam artikel ini, atau Anda bisa langsung ke tempat Guru saya.

CMIIW.

26/06/2012 - Posted by | Catatan, Tips and Trick | , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: