Biar Goblog Asal Go Blog

Cathetane inyong

Setup Telkom Flash Dengan D-Link DWM-652


Setelah gagal beberapa kali sampai hampir putus asa, akhirnya aku berhasil melakukan koneksi internet via Telkom Flash dengan menggunakan kartu GSM Simpati dan modem D-Link DWM-652. Padahal, parameter yang aku masukkan tidak jauh berbeda dengan yang telah aku ulas dalam artikel lalu. Jadi, apa yang telah membuat perbedaan ?

Terusterang saja, aku tidak tahu parameter mana yang telah berpengaruh terhadap keberhasilan koneksi tersebut. Kejadiannya begitu penuh dengan kebetulan. Yang pasti, proses yang telah kulakukan adalah sbb :

  1. Aku melakukan aktivasi GPRS dan 3G kartu Simpati-ku dengan menggunakan handphone yang support fitur-fitur tsb (aku menggunakan Nokia N70) dengan cara mengirim SMS ke nomor 3636 : S Nokia N70 (untuk GPRS) dan 3G (untuk 3G). (Catatan : mengingat D-Link Connection Manager menyediakan fitur SMS, kemungkinan langkah ini juga bisa dilakukan langsung dari sini. Maaf, aku belum pernah mencobanya).
  2. Setelah konfirmasi aktivasi aku terima, kartu SIM tersebut aku pindahkan ke modem D-Link DWM-652.
  3. Masukkan modem ke PC Card slot (aku menggunakan notebook Asus W6F). Tunggu hingga D-Link Connection Manager dieksekusi (otomatis). Setelah Connection Manager selesai melakukan inisiasi, klik icon Menu – Setting, dan pilih tab Radio.
  4. Pada tab tersebut, pilih radio button 3G (including 3.5G) First pada kotak Dual Mode dan radio button Worldwide pada kotak Frequency Band. Jika sudah, klik tombol Apply.
  5. Masih di jendela Setting, pilih tab Network. Di tab ini, pilih radio button Standard(auto) lalu klik tombol Next. Connection Manager akan melakukan scanning jaringan, tunggu hingga proses selesai.
  6. Hasil scanning ditampilkan dalam jendela kecil, disitu pilih Tselbroadband(51010). Lalu klik tombol Save.
  7. Kembali ke jendela Menu dengan meng-klik icon Menu. Disitu klik icon Profile.
  8. Buat profile baru dengan meng-klik tombol New, dan isi parameter sbb :
    –  Profile Name :           Tselbroadband (atau apa saja terserah kita)
    –  Number           :           *99***1#
    –  Username       :           wap
    –  Password        :           wap123
    –  APN                  :           flash
  9. Klik tombol Save untuk menyimpan pengaturan. Kita akan dibawa kembali ke jendela sebelumnya yaitu jendela Profile. Disitu akan tercantum nama profile yang baru saja kita buat. Pilih profile tersebut dan klik tombol Default. Lalu klik tombol OK pada jendela konfirmasi.
  10. Biarkan (jangan ditutup) Connection Manager. Sekarang kita akan melakukan pengaturan lanjutan.
  11. Buka Control Panel – Phone and Modem Option. Pilih tab Modems, lalu pilih nama modem (D-Link DWM-652 3.5G HSDPA Modem), dan klik tombol Properties di bagian bawah kanan jendela.
  12. Pada jendela properties tersebut pilih tab Advanced. Pada baris Extra initialization commands diisi: at+cgdcont=1,”IP”,”flash” lalu klik tombol OK untuk menyimpan parameter.
  13. Kita kembali ke jendela Connection Manager. Disitu kita tinggal melakukan koneksi dengan meng-klik icon Connect (icon bulat di pojok kanan atas). Tunggu beberapa saat hingga modem selesai melakukan koneksi.

Jika koneksi sukses, seperti biasa, Windows akan memberitahukan kita dengan menampilkan balon kuning di pojok kanan bawah layar monitor kita. Menurut balon kuning, kecepatan akses mencapai 7.5 Mbps. Tapi aku meragukan angka ini. Tapi setidaknya, kecepatan yang kudapat mendekati kecepatan koneksi modem ADSL di kantor. Lumayan kan ?

Jika modem gagal melakukan koneksi (misalnya muncul pesan Error code 619 atau yang lainnya), tutup semua aplikasi di komputer dan lakukan restart (jangan lupa simpan terlebih dahulu pekerjaan lain yang sedang Anda kerjakan). Menurut pengalamanku, begitu proses restart selesai dan kita sudah kembali ke layar desktop Windows, Connection Manager akan langsung melakukan inisiasi jaringan secara otomatis dan modem berhasil melakukan koneksi.

Acara berikutnya adalah acara inti …….. browsing.

Berikut adalah pendaftaran layanan di Telkom Flash.

  1. Buka browser kita (opera, safari, firefox, terserah). Browser akan membawa kita langsung ke halaman utama Telkom Flash.
  2. Terdapat tiga pilihan paket yang harus kita pilih yaitu paket biasa dengan tarif Rp.350 / menit, paket Rp.30.000 / 3 jam dan paket Rp.100.000 / 24 jam. Jika sudah menentukan pilihan, kita akan dibawa ke layar konfirmasi tentang paket yang kita beli. Isi kode konfirmasi sesuai yang tercantum di layar sebagai tanda persetujuan kita.
  3. Begitu proses konfirmasi selesai, kita akan dibawa kembali ke halaman utama yang sudah berubah tampilannya menjadi argometer (aku bilang begitu karena halaman itu berfungsi sebagai pencatat waktu). Ingat, selama browsing, HALAMAN INI JANGAN DITUTUP.
  4. Karena halaman utama tsb tidak boleh ditutup, maka kita harus membuka tab baru untuk mengakses halaman web lain.
  5. Terakhir, jika kita sudah selesai browsing, jangan lupa kembali ke halaman utama Telkom Flash tadi untuk menghentikan argometer. Begitu argometer berhenti, Telkom Flash akan mengirim laporan (resume) via SMS.

Aku belum mencoba cara ini dengan modem merek/type lain. Tapi mengingat spesifikasi modem GSM yang kurang lebih sama, aku pikir, cara ini juga bisa diterapkan untuk merek/type modem GSM lain seperti Huawei E160G, Huawei E220 dll., tentunya dengan penyesuaian seperlunya menyangkut struktur menu masing-masing vendor.

Semoga bermanfaat. CMIIW

About these ads

07/01/2010 - Posted by | Catatan, Tips and Trick | , , , , , , , ,

2 Comments »

  1. thanks infonya…. td saya coba cara anda dlm setting D-Link DWM-652 pada windows 7 dan berhasil. tp pada step 12 setting advancenya saya lewati.

    Comment by alit | 08/06/2010 | Reply

    • Step 10 – 12 memang hanya tambahan yang saya sendiri tidak tahu pasti apa pengaruhnya (itu saya dapatkan dari beberapa sumber). Karena saya tidak begitu ngeh dengan modem native command (perintah at).
      Terimakasih telah berkunjung :)

      Comment by kalongsgs | 10/06/2010 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: